Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa di Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

  • Dini Mulyani Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Jasrial Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Penyelesaian skripsi, tugas akhir, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis disekitar lokasi tempat kos dan dari data yang penulis temukan serta fenomena yang penulis saksikan menunjukkan banyaknya mahasiswa yang terlambat dan telat dalam penyelesaian skripsi dan studinya. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang faktor faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa dilihat dari faktor internal: Motivasi lulus tepat waktu dan Faktor kesehatan., dan faktor eksternal; Ketersediaan sumber belajar dan pengaruh Lingkungan sosial teman sebaya. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ialah mahasiswa Administrasi Pendidikan FIP UNP yang berjumlah 189 orang. Jumlah sampel adalah 128 orang yang di ambil dengan memakai rumus Slovin dengan tingkat ketelitian kesalahan 5%. Teknik pengambilan samplenya adalah simple random sampling. Alat pengumpul data adalah angket dengan model skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan perhitungan nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi lulus tepat waktu berada pada kategori kuat, dengan skor 31, 25%, 2) Faktor kesehatan termasuk kategori sedang dengan skor sebesar 34,38%, 3) Ketersediaan sumber belajar termasuk kategori rendah dengan skor 40,62%, 4) dan Lingkungan sosial teman sebaya termasuk kategori sedang dengan skor sebesar 45,31%. Ya yg

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-31
How to Cite
Mulyani, D., & Jasrial, J. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa di Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(1), 9-14. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i1.315

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.