Pengelolaan fasilitas belajar di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pengelolaan fasilitas belajar di SMK N 9 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengelolaan fasilitas belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI, XII di SMK N 9 Padang yang berjumlah 831 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yang mana pengambilan sampel 10% yang berjumlah 85 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan model Skala Likert. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pengelolaan fasilitas belajar di SMK N 9 Padang dilihat dari (1) penggunaan fasilitas belajar memperoleh skor rata-rata 4,54 dengan kategori baik, (2) pemeliharaan fasilitas belajar memperoleh skor rata-rata 4,41 dengan kategori baik, (3) penyimpanan fasilitas belajar memperoleh skor rata-rata 4,49 dengan kategori baik. Secara keseluruhan persepsi siswa terhadap pengelolaan fasilitas belajar di SMK N 9 Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,48.
Downloads
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.