Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat
Abstract
Tujuan penelitian membahas tentang hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat. Peneliti bertujuan untuk 1) mendapatkan informasi mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat, 2) mendapatkan informasi mengenai kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat, 3) mengetahui apakah terjadi hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional untuk melihat melihat hubungan antara variabel. Penarikan sampel pada penelitian ini memakai metode Proportional Stratified Random Sampling. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil 1) kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat yang terdiri dari indikator inisiatif, komunikasi, disiplin, kualitas kerja dan ketepatan kerja sudah terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata 95,41. 2) kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat yang terdiri dari indikator menggerakkan, mempengaruhi, membimbing dan mengarahkan sudah terlaksana dengan sangat baik dengan sangat baik dengan rata-rata 94,4. 3) variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru diperoleh signifikan sebesar 2,202 > 1,672, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan kepemimpinan kepala sekolah berkorelasi positif terhadap kinerja guru di SMK Negeri Kecamatan Padang Barat.
Downloads
References
Achmad dalam Ade. (2022). Kinerja dan Disiplin Guru. Jurnal Pendidikan, 7(1), 12–23.
Ade Angriani Hasta, Irsyad, Hanif Alkadri, Y. S. (2022). Kinerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat. Journal of Educational Administration and Leadership. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i3.218
Annisa Hakim, Syahril, Rusdinal, Y. S. (2024). Kontribusi Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Journal of Educational Administration and Leadership. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i3.289
Astuti. (2018). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMK Swasta Bisnis Manajemen Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(2), 1–16. https://doi.org/10.24036/bmp.v7i2.5989
Barnawi, M. A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Bush, T. (2008). Leadership and Management Development in Education. London: Sage.
Ermita. (2015). Kepemimpinan Guru Dalam Pelaksanaan Tugasnya Di Kelas. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XV(2), 31–41. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/5827
Fullan, M. (2001). Leading in a Culture of Change. San Francisco: Jossey-Bass.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2011). SuperVision and Instructional Leadership: A Developmental Approach (8th ed.). Boston: Allyn & Bacon.
Hallinger, P. (2003). Leading educational change: Reflections on the practice of instructional and transformational leadership. Cambridge Journal of Education, 33(3), 329–352.
Harris, A. (2004). Distributed leadership and school improvement: Leading or misleading? Educational Management Administration & Leadership, 32(1), 11–24.
Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2005). Transformational leadership. In B. Davies (Ed.), The Essentials of School Leadership (pp. 31–43). London: Paul Chapman Publishing.
Mailina, S., & Ali, H. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(4), 861–869. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2088
Mulyasa. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nia Putri Melayu, N. (2023). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Journal of Educational Administration and Leadership. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i3.366
Northouse, P. G. (2016). Leadership: Theory and Practice (7th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Rahim, R. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Teori dan Praktik. Padang: STKIP PGRI Press.
Rifma. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 37–52. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110549
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Sergiovanni, T. J. (2009). The Principalship: A Reflective Practice Perspective (6th ed.). Boston: Pearson Education.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suwatno. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Timperley, H. (2011). Realizing the Power of Professional Learning. New York: McGraw-Hill Education.
Yofi, E. (2018). Kepemimpinan Wali Nagari Se-Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(2), 1–10.
Yukl, G. (2010). Leadership in Organizations (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Copyright (c) 2025 Intan Prigandani, Yulianto Santoso, Rifma , Nikmah Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.