Pengelolaan Program Unit Produksi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi mengenai pengelolaan program unit produksi dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan unit produksi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu semua guru produktif di Sekolah Menengah Kejuruan 5 Padang dengan total populasi 58 orang. Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana jumlah subjek tidak lebih 100, maka diambil semua subjeknya memakai teknik sampling jenuh, pada teknik ini seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunan instrument kusioner menggunakan skala linkert setelah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Informasi atau data yang terkumpul dilakukan analisis dengan rumus rata – rata (mean). Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan tentang pengelolaan program unit produksi di Sekolah Menengah Kejuruan 5 Kota Padang secara keseluruhan ada pada kriteria baik dengan skor rata-rata 3,60.
Downloads
References
Direktorat Pembinaan SMK, (2007).Bantuan Pengembangan Unit Produksi.Jakarta,:Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Dirjen Peningkatan Mutu Tendik tentang Pedoman Menajemen Unit Produksi dan Jasa Sebagai Sumber Belajar Siswa dan Penggalian Pendanaan Pendidikan, (2007).
Fiftianasari, D. (2018). Manajemenunit Produksibogasebagai Sumber Belajar Di Smk Negeri 3 Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasibuan, M. S. . (2011). MANAJEMEN : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.
Maghfiroh, D. N. (2015).. Menajemen Unit Produksi di Sekolah Sebagai Sarana Pembeelajaran. 24 (6).
Peraturan Pemerintaah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah, ( 1990 ).
Sudjana. (2010). Imanajemen Program Pendidikan. Falah Production.
Copyright (c) 2021 Journal of Educational Administration and Leadership
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the author. The author gives permission to others to use the published content in the Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) , Source of Transfer, including the author's name, Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The author grants Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) the right of first publication. Although the author remains the copyright owner.
Licence
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.