Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menegah Atas Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah

  • Nina Putri Cania Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Tia Ayu Ningrum Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Rifma Rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Singgih Ginanjar Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengawasan Kepala Sekolah, Pengelolaan P5

Abstract

Penelitian ini berfokus pada isu yang berkaitan dengan pengelolaan P5 yang dipengaruhi oleh pengawasan kepala sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pengawasan kepala sekolah terhadap pengelolaan P5 di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini yaitu guru di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 202 orang dan pengambilan sampel diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan menghitung ukuran sampel menggunakan rumus krejcie dan morgan yaitu 137 guru. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang dirancang dengan Skala Likert untuk mengukur dua variabel yaitu pengawasan kepala sekolah dan pengelolaan P5. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif serta analisis regresi sederhana untuk menguji hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil pengolahan data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa pengelolaan P5 tergolong sangat efektif, sementara pengawasan kepala sekolah juga dinilai sangat baik. Pengaruh pengawasan kepala sekolah terhadap pengelolaan P5 di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengawasan kepala sekolah, semakin efektif pula pengelolaan P5 di SMA Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah. Disarankan agar kepala sekolah terus memperbaiki mutu pengawasan untuk mendukung keberhasilan pengelolaan P5, melalui pelatihan, kolaborasi, pemantauan dan penilaian yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S., Lestari, D., & Nugroho, B. S. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter dan keterampilan abad 21 di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.XXXX
Ditjen GTK. (2022). Panduan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Fadillah. (2022). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui supervisi pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 145–155.
Firmansyah, D., Latifah, S., & Nugroho, B. (2020). Hubungan Pengawasan Kepala Sekolah dengan Pencapaian Karakter Siswa dalam Projek P5. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 73–85.
Fitriani, N., Lestari, A., & Wibowo, T. (2024). Tindakan korektif berbasis evaluasi dalam supervisi pelaksanaan P5 di SMA. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 9(2), 110–125.
Handayani, F., & Syahrul, R. (2023). Organisasi Tim Fasilitator dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 134–145.
Handoko. (2020). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hidayat, M., & Salamah, U. (2024). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 25–37.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. https://pusatkurikulum.kemdikbud.go.id
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2023 tentang Standar Pengelolaan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/278865/permen-kemdikbudristek-no-47-tahun-2023
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Panduan pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Edisi Revisi—Mei 2024). BSAP Kemendikbudristek.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kemendikbudristek.
Kusumawati, L., & Rahman, M. T. (2021). Kepemimpinan Pengawasan dan Inovasi Sekolah dalam Projek Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 223–234.
Latuliu, N., Kempa, R., & Rumfot, S. (2025). Manajemen strategi kepemimpinan kepala sekolah pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 70 Ambon. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 4(2), 228–244.
Lestari, R., & Wahyuni, A. (2022). Pengawasan Edukatif Kepala Sekolah dalam Implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Kepemimpinan dan Inovasi Pendidikan, 6(4), 189–202.
Lestari, S., & Hakim, A. (2020). Efektivitas Struktur Organisasi Projek P5 dalam Meningkatkan Kolaborasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 55–66.
Maulida, H., Sabandi, A., Irsyad, I., & Widiawati, W. (2024). Persepsi siswa terhadap pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kelas X di SMA Negeri Kota Solok tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 20335–20341.
Mukhid. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. CV Literasi Nusantara.
Mulyasa. (2009). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, H., Siregar, R., & Lubis, M. (2021). Pengaruh pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru dan keberhasilan program sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 23–31.
Nugraha, D., Puspitasari, N., & Latifah, M. (2022). Strategi Pelibatan Stakeholder dalam Pengorganisasian P5 di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kepemimpinan, 8(3), 221–233.
Putra, I. W., & Kurniawan, A. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Nilai Pancasila dalam Projek Profil Pelajar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 101–112.
Putri, D. R., Rachman, T., & Suharto, A. (2023). Standar pelaksanaan P5 dan pengaruhnya terhadap karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 77–90.
Putri, L. A., & Rachman, A. (2021). Strategi Integrasi Budaya Lokal dalam Projek Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(2), 167–180.
Rachmawati, Y., Susanto, H., & Fitriyah, L. (2022). Peningkatan karakter siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 379–392. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i3.47090
Ramadhan, A., & Syahputra, R. (2022). Peran kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 2 Cakranegara. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 134–145. https://doi.org/10.xxxx/jmp.v10i2.12345
Ramadhan, B., & Susanti, L. (2021). Peran kepala sekolah dalam perencanaan berbasis partisipatif untuk P5. Jurnal Inovasi Pendidikan, 18(3), 203–215.
Rosmana, D., Widiastuti, R., & Kurniawati, D. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila. Jurnal Kajian Kurikulum dan Pembelajaran, 12(1), 88–97. https://doi.org/10.24036/jkkp.v12i1.1287
Sahir, S. H. (2021). Metode penelitian pendidikan: Teori dan praktik. Deepublish.
Sari, A. M., & Prasetyo, H. (2022). Efektivitas pengawasan kepala sekolah dalam koreksi pelaksanaan P5. Jurnal Supervisi Pendidikan, 10(1), 45–58.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhartini, D., Ramadhan, A., & Fauzi, R. (2022). Peran Kepala Sekolah sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 130–143.
Susanti, L., Haryanto, T., & Wulandari, R. (2023). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan pemanfaatan platform Merdeka Mengajar terhadap implementasi P5 di SMA Negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan dan Kepemimpinan, 11(1), 22–33. https://doi.org/10.xxxx/jpk.v11i1.67890
Susilo, R., Handayani, S., & Ramadhan, D. (2023). The effect of principal’s supervision on teacher performance in secondary schools. Journal of Educational Management and Innovation, 4(1), 15–27. https://doi.org/10.1234/jemi.v4i1.2023
Suryani, N., & Hidayat, A. (2020). Evaluasi Kolaboratif dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi dan Penilaian Pendidikan, 9(3), 203–215.
Wahyuni, E. (2024). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan P5 di SMA Roudlatussalam Gipen Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 55–66. https://doi.org/10.xxxx/jpk.v12i1.98765
Wibowo, T., & Mulyani, S. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kolaborasi Guru pada Pelaksanaan Projek P5. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 7(1), 42–54.
Wulandari, A., & Mulyasa, E. (2022). Peran Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Projek Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Nasional, 9(3), 203–215.
Wulandari, E., & Harahap, R. (2022). Kebijakan penjaminan mutu pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Nasional, 6(1), 93–104.
Yuliana, D., & Saputra, R. (2023). Supervisi Kepala Sekolah dan Keterlibatan Guru dalam Projek P5. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 101–113.
Yuliana, I., & Fadhil, M. (2021). Penguatan peran reflektif kepala sekolah dalam menyempurnakan implementasi P5. Jurnal Kependidikan dan Supervisi, 12(2), 130–145.
Yuliana, S., & Hasanah, U. (2020). Perencanaan supervisi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(3), 112–120.
Published
2025-08-09
How to Cite
Cania, N., Ningrum, T., Rifma, R., & Ginanjar, S. (2025). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menegah Atas Negeri Se-Kecamatan Koto Tangah. Journal of Educational Administration and Leadership, 5(2), 82-94. https://doi.org/10.24036/jeal.v5i2.539

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.