Motivasi Mahasiswa Jurusan Admnistrasi Pendidikan Mempelajari Kewirausahaan

  • Nofella Aneva Yurisa Administrasi pendidikan
  • Rifma Rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Jasrial Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Irsyad Irsyad Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: motivasi mahasiswa mempelajari kewirausahaan

Abstract

Riset ini maksud nya untuk mendapatkan motivasi mahasiswa jurusan administrasi pendidikan mempelajari kewirausahaan untuk mendapatkan pengetahuan kewirausahaan, keterampilan berusaha dan pernah berusaha. Adapun pertanyaan riset sebagai berikut adalah seberapa tinggi Motivasi mahasiswa mendapatkan 1) pengetahuan kewirausahaan, 2) keterampilan usahaa, dan 3) eksperien berwirausaha. Populasi riset ini adalah mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan tahun masuk 16 dan 17 sebanyak 238 mahasiswa, sampelnya berjumlah 70 ahaisswa yang ditentukan dengan cara Proportionate Stratified random sampling. Instrument menggunakan kuesioner skala likert. Angket tersebut sudah dicobakan dan dapat validitasnya dan reliabelitas angket. ternyata adalah motivasi mahasiswa mendapatkan pengetahuan kewirausahaan adad idmaksimal dengan nilai 3,69, motivasi mahasiswa mendapatkan keterampilan berwirausaha berada ditingkat maksimal dengan total  3,80, dan motivasi mahasiswa mendapatkan pengalaman berwirausaha ada ditingkat maksimal dengan rata-rata 3,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi mahasiswa mempelajari kewirausahaan maksimal dengan nilai 3,75. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Muhibbin, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Nitisusastru, M. (2010). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Riyanti, D. B. P. (2003). Kewirausahaan dipandang dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.
Rusdiana, A. (2018). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, A. (2020). Sebelum corona, BPS catat pengangguran 6,88 juta per Februari.
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200505143440-532-500275/sebelum-corona-bps-catat-pengangguran-688-juta-per-februari
Published
2021-05-31
How to Cite
Yurisa, N., Rifma, R., Jasrial, J., & Irsyad, I. (2021). Motivasi Mahasiswa Jurusan Admnistrasi Pendidikan Mempelajari Kewirausahaan. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(4), 106-111. https://doi.org/10.24036/jeal.v1i4.76

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.